Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:13:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-02-13T07:09:58Z2019-03-08T06:16:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12000This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/120002015-02-13T07:09:58ZPembelajaran Matematika dengan Pendekatan OPEN-ENDED
Melalui Kegiatan LESSON STUDY di SMPN 1 Lembang Kabupaten
BandungPembelajaran konvensional yang memiliki kerangka komunikasi satu arah, pada umumnya
mengakibatkan siswa kurang memiliki pemahaman matematika secara mendalam. Para siswa menjadi
kurang aktif dan mandiri dalam mengekspresikan ide dan gagasannya. Pembelajaran seperti ini
sudah tidak sesuai lagi dengan paradigma bahwa pendidikan lebih bersifat student-centered, maka
munculah pendekatan 0pen-Ended. Pembelajaran Open-Ended memberi kesempatan pada siswa untuk
mengembangkan kemampuan berpikir dan keterampilan dalam memecahkan masalah kompleks,
seperti masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Siswa belajar tidak terima jadi, dimana konsep
tinggal menggunakan dan akhirnya menghapalkan untuk dilupakan. Pembelajaran open-ended
dilakukan dalam kegiatan lesson-study yang merupakan sarana untuk perbaikan pembelajaran yang
dilakukan kolaboratif berdasarkan prinsip Plan-Do-See.
Key Words : open-ended, Lesson StudyNurhayati Ai