Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:04:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2022-11-02T07:00:07Z2022-11-02T07:00:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74867This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/748672022-11-02T07:00:07ZPENGATURAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH RAMAH ANAK
DI SD NEGERI TLACAP PANDOWOHARJO SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaturan sarana dan
prasarana sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam
penelitian ini yaitu kepala sekolah, koordinator Sekolah Ramah Anak (SRA), dan
penanggung jawab sarana dan prasaranadi SD Negeri Tlacap. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan
langkah kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan
data pada penelitian ini menggunakan triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Layout di luar kelas diatur agar
memudahkan dalam memberikan pengawasan dan mudah dijangkau peserta didik.
Alokasi dan distribusi prasarana dan sarana diatur sesuai kegunaan dan kebutuhan,
hanya saja alokasi toilet belum sesuai dengan rasio yang ditentukan. Terkait
konstruksi, SD Negeri Tlacap belum memiliki akses untuk peserta didik
berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda. (2) Pengaturan layout kelas
disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kelas. Alokasi/distribusi sarana dan
prasarana di sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di dalam kelas. Konstruksi
sarana dan prasarana yang digunakan, ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan
dan tubuh usia sekolah dasar baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Sarana dan
prasarana terkait kemudahan, kesehatan, kenyamanan, dan keamanan sudah
sebagian besar sudah sesuai dengan teori. Hanya saja meja dengan sisi tumpul
belum dimiliki semua kelas.Dzurriyyatina Ahsana