Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:16:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-12-28T00:18:57Z2019-10-01T11:25:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54551This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/545512017-12-28T00:18:57ZLAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program
pembelajaran dengan tujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon
guru atau pendidik atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa
program studi kependidikan. Standar Kompetensi PLT dirumuskan guru sebagai
anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi professional, dan
kompetensi social.
Kegitan PLT dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pundong yang beralamat di
Dusun Menang, Srihardono, Pundong, Bantul berlangsung dari tanggal 15
September hingga 15 November 2017. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam
kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pertama yaitu persiapan
berupa observasi, antara lain: observasi sekolah, observasi kelas, dan penyusunan
administrasi mengajar. Tahapan kedua adalah pelaksanaan berupa mengajar
terbimbing dengan mata pelajaran Instalasi Motor Listrik sesuai kesepakatan antara
mahasiswa dengan guru pembimbing, kelas yang diampu ialah kelas XI TITL A dan
XI TITL B, serta melaksanakan pendampingan (pembelajaran team teaching) pada
mata pelajaran PLC dan PDLRT, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa PLT
yang lain ketika mengajar. Tahap ketiga adalah evaluasi, kegiatan ini bertujuan
untuk mengetahui tingkat kepahaman siswa terkait materi yang diberikan selama
kegiatan PLT. Selain melaksanakan KBM mahasiswa PLT juga melaksanakan piket,
antara lain jaga gerbang di pagi hari, UKS, BK, TU, Ruang Piket, Perpustakaan, dan
Piket di kantor Jurusan.
Kegiatan PLT di SMK N 1 Pundong selama dua bulan berjalan dengan baik
dan memberikan manfaat serta pengalaman bagi penulis, baik yang berhubungan
dengan kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan di luar kelas yang sifatnya
terpadu antara praktik, teori, serta pengembangan lebih lanjut dan merupakan
penerapan teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan sebagai sarana untuk
mendapatkan pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran dan pendidikan
lainya, sehingga dapat menyiapkan pendidik professional.Ahmad Nur Pantoro Ahmad Nur Pantoro