Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:33:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-06T01:09:53Z2019-10-01T11:33:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46842This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/468422017-02-06T01:09:53ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016
SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
JL. Prambanan - Piyungan KM 1,5 Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman
Daerah Istimewa YogyakartaPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang
bersifat intrakurikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas
kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan
evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih
mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam
suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa
memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk
mengembangkan potensinya.
Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah.
Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan
belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 15 Juli dan berakhir
tanggal 15 September 2016 yang bertempat di SMK Muhammadiyah Prambanan.
Alamat sekolah terletak di Jalan Prambanan-Piyungan KM.1,5 Gatak Bokoharjo,
Prambanan, Sleman 55572. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain:
persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran
dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus.
Mata Pelajaran yang diampu oleh praktikan, adalah Sensor dan Aktuator 2. Teori dan
praktik Sensor dan Aktuator 2 diampukan ke Kelas XII TE. Frekuensi tatap muka satu
kali dalam satu minggu, dimana alokasi waktunya 4 jam pelajaran.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam
mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter
yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi
hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi
seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di
masa yang akan datang.Ahmad Laili Jauhari Ahmad Laili Jauhari