Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:44:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-23T00:46:14Z2019-01-30T10:59:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41417This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/414172016-09-23T00:46:14ZTINGKAT KETERCAPAIAN PEMBINAAN LINGKUNGAN SEKOLAH
TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GALUR
KABUPATEN KULON PROGO
TAHUN 2016Penelitian ini dilatarbelakngi oleh keadaan sekolah yang belum
dilakukan penghijauan secara menyeluruh. Kondisi WC/jamban yang terlihat
kotor sangat mempengaruhi kesehatan siswa di lingkungan sekolah tersebut.
Lingkungan sekolah yang baik harus sesuai dengan strata pembinaan
lingkungan. Strata pembinaan lingkungan terdiri dari strata minimal, strata
standar, strata optimal dan strata paripurna. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strata pembinaan lingkungan sekolah tingkat sekolah dasar di
Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan adalah metode survei. Instrumen penelitian menggunakan lembar
observasi.Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar di Kecamatan
Galur Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 27. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif, yang dituangkan dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercukupan strata pembinaan
lingkungan sekolah tingkat sekolah dasar di Kecamatan Galur Kabupaten
Kulon Progo terdapat 0 sekolah (0,00%) dalam kategori minimal, 2 sekolah
(7,40%) dalam kategori standar, 11 sekolah (40,74%) dalam kategori optimal,
14 sekolah (51,85%) dalam kategori paripurna. Frekuensi terbanyak pada
kategori paripurna, sehingga dapat disimpulkan identifikasi strata pembinaan
lingkungan sekolah tingkat sekolah dasar di Kecamatan Galur Kabupaten
Kulon Progo adalah paripurnaZakariya Ahmad