Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:22:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-09T01:45:13Z2019-01-30T09:30:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34185This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/341852016-06-09T01:45:13ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK SISWA KELAS X TP SMK
MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK SISWA KELAS X TP SMK
MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Oleh:
Ahmad Luthfie Hakim NIM 11503244026
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan keaktifan siswa
pada pelajaran teknologi mekanik siswa kelas X TP SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, (2) Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada pelajaran teknologi mekanik siswa kelas X TP SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dengan data berupa data kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TP 2 dengan jumlah siswa 27. Data keaktifan siswa dikumpulkan dengan observasi dan data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan hasil ulangan harian.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I persentase Keaktifan dalam proses pembelajaran 75%, termasuk dalam kategori baik, pada siklus II diperoleh persentase keaktifan rata-rata 86%. (2) Adanya peningkatan prestasi hasil belajar siswa yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 82%.
Kata Kunci: Pelajaran Teknologi Mekanik, pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching.Luthfie Hakim Ahmad