Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:32:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-02T00:54:51Z2019-01-30T01:59:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25158This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/251582016-06-02T00:54:51ZPENINGAKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
PRAKTIK BENGKEL LISTRIK KELAS X PROGRAM KOMPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK PIRI 1
YOGYAKARTA MELAUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL
TEACHING AND LEARNINGPENINGAKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
PRAKTIK BENGKEL LISTRIK KELAS X PROGRAM KOMPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK PIRI 1
YOGYAKARTA MELAUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL
TEACHING AND LEARNING
Oleh :
Salman Agustiwan A
11518241027
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Praktik Bengkel Listrik (PBL) kelas X
program kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK PIRI 1
yogyakarta pada kompetensi dasar memahami cara penggunaan peralatan tangan
dan mesin serta menggunakan peralatan tangan dan mesin untuk menyelesaikan
pekerjaan mekanik listrik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing terdiri dari dua
pertemuan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 16 siswa kelas X TITL 1
SMK PIRI 1 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan
posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif, lembar observasi afektif
untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, lembar unjuk kerja untuk
mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan
adalah statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa setelah diterapkan model
pembelelajaran CTL prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan
dapat terlihat dari data persentase nilai rata-rata aspek afektif pada siklus I
pertemuan pertama sebesar 59,57% meningkat pada siklus II pertemuan kedua
menjadi 87,50%. Pada aspek kognitif pada pretest siklus I nilai rata-rata siswa
sebesar 66,25 dengan persentase kelulusan sebesar 25% meningkat pada posttest
siklus II menjadi 85,63 dengan persentase kelulusan sebesar 100%. Pada aspek
psikomotor nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 76,88 dengan persentase
kelulusan sebesar 81,25% meningkat menjadi 90 dengan persentase kelulusanA. salman Agustiwan