Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:33:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-08-23T09:39:58Z2019-01-30T16:52:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58488This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/584882018-08-23T09:39:58ZPENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK POP-UP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS III SD NEGERI TAMANAN 3 KALASANPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar
berbentuk pop-up pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang layak bagi siswa
kelas III di SD Negeri Tamanan 3 Kalasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengacu pada
model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Subjek uji coba
adalah siswa kelas III SD Negeri Tamanan 3 Kalasan, yang terdiri dari uji coba
lapangan awal 4 siswa, uji coba lapangan 8 siswa, uji coba pelaksanaan lapangan
16 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar ini telah
layak untuk digunakan, hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk yang telah
dilakukan oleh ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar berbentuk pop-up
dinyatakan layak dengan rerata skor (4,44). Hasil penilaian produk oleh ahli media
menunjukkan bahwa bahan ajar pop-up Bahasa Indonesia dinyatakan layak dengan
rerata skor (4,89), hasil uji coba lapangan awal dinyatakan layak dengan rerata skor
(0,93), hasil uji coba lapangan dinyatakan layak dengan rerata skor (0,97), dan hasil
uji coba pelaksanaan lapangan dinyatakan layak dengan rerata skor (1).
Berdasarkan hasil dari uji kelayakan tersebut, bahan ajar berbentuk pop-up Bahasa
Indonesia yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran Bahasa
Indonesia di kelas III SD Negeri Tamanan 3 Kalasan.13105241061 Agustin Nalar Arrumsari