Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:19:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-28T07:00:39Z2019-01-29T22:58:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19645This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/196452015-05-28T07:00:39ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
DIKLAT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER
DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
DIKLAT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.
Oleh
Agusnanto
NIM.06518241015
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang perbedaan
hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan
model pembelajaran Problem Based Learningpada mata diklat Programmable
Logic Controller (PLC) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimental design. Desain
penelitian menggunakan pendekatan Pretest and posttest group design. Populasi
penelitian mencangkup kelas X, XI dan XII program keahlian TITL SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sampel penelitian dipilih 1 kelas yaitu XI
TITLSMK Mhammadiyah 3 Yogyakarta sebanyak 25 siswa. Sampel penelitian ini
diambil secara purposive dengan pertimbangan, siswa kelas XI baru memulai
pembelajaran pada mata diklat Programmable Logic Controller. Proses
Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Pertemuan pertama
siswa diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning,
kemudian pada pertemuan kedua siswa diberi perlakuan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang diggunakan untuk
mengumpulkan data adalah test, yang terdiri dari pretest dan posttest. Untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Quantum
Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning, data dianalisis
menggunakan uji t-test pada taraf signifikansi 5% (0,05).
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siginifikansi pada hasil pengujian
t-test model pembelajaran Quantum Learning menunjukan p-value (sig)
0,00<0,05. Demikian pula pada hasil uji t-testmodel pembelajaran Problem Based
Learning hasil uji menunjukan p-value (sig) 0,00<0,05.didukung dengan
perhitungan selisih mean kedua model pembelajaran. Berarti, baik model
pembelajaran Quantum Learning maupun model pembelajaran Problem Based
Learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Programmable
Logic Controller di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Kata kunci: Quntum Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar.Agusnanto Agusnanto