Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:25:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-23T03:27:44Z2019-10-01T11:45:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35199This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/351992016-06-23T03:27:44ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan wahana bagi
seorang calon pendidik dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas
dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan
yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan progam
studinya. Secara umum tujuan praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah
menerapkan berbagai kemampuan professional kegiatan secara utuh dan terpadu
dalam situasi nyata dengan manfaat mempertajam daya nalar dalam menelaah,
perumusan dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah.
Pelaksanaan PPL di MAN Yogyakarta III dilaksanakan selama 5 minggu
sejak tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Mahasiswa mendapat
kesempatan mengajar mata pelajaran sosiologi dengan jadwal mengajar di kelas XIIS 1 pada hari kamis jam ke 8-9 dan hari jumat jam ke 5-6, kelas X-IIS 2 pada hari
rabu jam ke 4-5 dan hari sabtu jam ke 8-9, kelas X-IIS 3 pada hari jumat jam ke 4-5
dan hari sabtu jam ke 4-5. Minggu pertama PPL, mahasiswa mengikuti kegiatan
belajar mengajar guru pembimbing dalam kelas dan konsultasi mengenai kegiatan
belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan
didampingi guru pendamping. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan
pembelajaran antara lain pembuatan RPP dan media pembelajaran. Metode yang
digunakan antara lain ceramah, diskusi, jawab, dan penugasan/ resitasi serta selalu
dilengkapi dengan pemberian tugas di akhir kegiatan belajar mengajar.
Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, diharapkan dapat meningkatkan
kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu
ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata
tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan,
kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang
ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik
yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2015 di MAN
Yogyakarta III memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa
maupun lembaga sekolah.Agus Tri Setiyono Agus Tri Setiyono