Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:28:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-28T06:57:54Z2019-01-29T22:58:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19643This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/196432015-05-28T06:57:54ZUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PELAJARAN
BODI OTOMOTIF PADA SISWA KELAS XI-A SMK NEGERI 2 DEPOK
SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PELAJARAN
BODI OTOMOTIF PADA SISWA KELAS XI-A SMK NEGERI 2 DEPOK
SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Oleh:
Agus Winarto
0504245001
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata
diklat perbaikan bodi otomotif siswa kelas XI/2 A SMK Negeri 2 Depok Sleman
Yogyakarta setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses
pembelajaran di kelas.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, model pembelajaran
yang digunakan adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini
dilakukan di SMK N 2 Depok, Sleman, dengan subjek penelitian adalah siswa
kelas XI-A sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Langkahlangkah
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pretest untuk
mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang
diajarkan, setelah itu siswa melakukan kegiatan diskusi. Langkah berikutnya yaitu
mengerjakan Lembar Kerja Soal (LKS) dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok,
dalam tahap ini siswa berdiskusi dengan teman kelompok ahli dan asal untuk
membahas LKS yang dianggap kesulitan. Tahap selanjutnya adalah post test,
untuk mengetahui keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa. Data di analisis
dengan menggunakan analisi deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI-A SMK
Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta dalam pembelajaran mata diklat Perbaikan
Bodi Otomotif pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I
hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai adalah 3,8 (pre test) dan 5,0 (post test).
Pada siklus II hasil belajar siswa rata rata nilai adalah 8,8 (post test). Sedangkan
peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II sebesar 7,6%. Dengan
demikian penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan
hasil belajar siswa sebesar 7,6 %.
Keyword: Pendekatan kooperatif tipe jigsaw, perbaikan bodi otomotif, hasil
belajar.
viWinarto Agus