Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:25:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-01T08:04:00Z2019-01-30T03:18:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25738This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/257382015-09-01T08:04:00ZTINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI
TERHADAP PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH INKLUSI
SE-KECAMATAN SENTOLO DAN PENGASIH
KULON PROGOPendidikan jasmani adaptif merupakan pendidikan jasmani yang
diperuntukan bagi anak berkebutuhan kusus. Sebagai seorang guru pendidikan
jasmani sudah semestinya mengetahui materi dan penerapan pendidikan jasmani
adaptif secara baik. Dalam kenyataanya masih banyak ditemukan guru pendidikan
jasmani yang belum menguasai materi pendidikan jasmani adaptif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani
terhadap materi pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi se-Kecamatan
Sentolo dan Pengasih.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan
Sentolo dan Pengasih dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 12 guru
pendidikan jasmani. Tes yang digunakan merupakan Tes Pengetahuan dengan
bentuk soal benar salah. Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus
pearson product moment diketahui dari 30 soal terdapat 2 soal yang gugur,
sehingga tes yang digunakan dalam penelitian sebanyak 28 soal. Hasil uji
reliabilitas instrumen sebesar 0,965 (>0,600), sehingga dinyatakan reliabel.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan guru pendidikan
jasmani terhadap materi pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi seKecamatan
Sentolo
dan
Pengasih dalam
kategori
sangat
tinggi
sebesar
8,3%,
kategori
tinggi
sebesar
16,7%,
kategori
cukup
sebesar 40,7%, dan kategori
kurang
sebesar
33,3%. Tingkat
pengetahuan
guru
pendidikan
jasmani
terhadap
materi
pendidikan
jasmani
adaptif
dijelaskan
oleh 6
aspek yaitu:
1)
aspek mengingat
sebagian
besar
dalam
kategori
sedang
91,7%,
2) aspek
memahami
dalam
kategori
cukup
dan
tinggi masing-masing
sebesar 41,7%,
3)
aspek menerapkan
sebagian
besar dalam kategori cukup sebesar 75%, 4) aspek menganalisis sebagian besar
dalam kategori cukup sebesar 75%, 5) aspek menilai sebagian besar dalam
kategori tinggi sebesar 75% dan 6) aspek berkreasi sebagian besar dalam kategori
kurang sebesar 50%.Agung Satria Wardana