Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:33:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-09-11T08:17:07Z2019-01-29T16:11:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5399This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53992012-09-11T08:17:07ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DI SMK N 2 WONOSARI
Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Gambar Teknik berbasis komputer bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK N 2 Wonosari. Tujuan khusus pengembangan media pembelajaran ini adalah : (1) menghasilkan media pembelajaran Membaca Gambar Teknik berbasis komputer; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Membaca Gambar Teknik berbasis komputer; (3) meneliti pengaruh penggunaan media pembelajaran Membaca Gambar Teknik berbasis komputer dan modul terhadap prestasi belajar siswa kelas X Mesin SMK N 2 Wonosari.
Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development. Metode ini diawali observasi mengenai potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk 1, uji tanggapan produk, revisi produk 2 dan uji coba pemakaian.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Membaca Gambar Teknik berbasis komputer menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan media menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer dengan 3 bagian utama yakni pembukaan, isi (pendahuluan, materi, evaluasi, referensi, dan profil) dan penutup; (2) Kelayakan media pembelajaran berbasis komputer sangat baik. Penilaian terdiri dari ahli materi 76%; ahli media 88%; uji tanggapan terbatas 85,2%; dan uji tanggapan luas 82,45%; (3) Perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel (2,00 < 6,47), maka terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan media berbasis komputer dengan modul pada materi pembelajaran Membaca Gambar Teknik.
Kriswantoro Agung