Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:51:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-27T06:50:57Z2019-10-01T11:33:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46540This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/465402017-01-27T06:50:57ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN
TAHUN 2016/2017PPL dalam pengertiannya Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu
mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan
di Universitas Negeri Yogyakarta. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
merupakan wahana pembentukan tenaga kependidikan yang professional. Kegiatan ini
bertujuan agar mahasiswa kependidikan mengetahui, mengenal, dan memahami
lapangan pendidikan, baik di sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya.
Tujuan lain penulis melaksanakan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan
adalah memberi kesempatan pada penulis untuk mempelajari, mengenal dan
menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu
pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa
juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran
dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan.
Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan
pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada
bulan Februari. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di
kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar.
Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016.
Dalam praktik mengajar, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas X AP 1
dan X AP 2 dengan jumlah mengajar sebanyak 28 kali pertemuan, tanpa pengajaran
insidental. Sehingga selama PPL praktikan telah melaksanakan 56 jam pelajaran.
Dalam pelaksanaannya, praktikan juga mengalami beberapa hambatan yaitu
kurangnya peralatan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki pihak sekolah yang
dapat mendukung proses pembelajaran, adanya siswa yang tidak semangat dalam
belajar, dan siswa yang kurang proaktif terhadap materi yang disampaikan. Hambatan
tersebut dapat teratasi dengan memodifikasi peralatan dan fasilitas, mencoba
mengembangkan pola mengajar yang bervariasi, menjalin komunikasi yang baik dan lancar, dan memberikan motivasi kepada siswa dengan menonton video tentang
motivasi. Praktikan juga senantiasa konsultasi dengan guru pembimbing untuk
mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya.
Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat
memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di
bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan
mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran,
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan,
dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat
meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang
terkait.Agnes Lutvita Sari Agnes Lutvita Sari