Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:55:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-12-11T06:14:30Z2019-10-01T11:25:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61729This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/617292018-12-11T06:14:30ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2017Praktik Lapangan Terbimbing adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus
diambil oleh mahasiswa dengan program studi pendidikan di UNY sebagai bentuk
penerapan langsung pada praktik kegiatan belajar mengajar di lapangan. Mata kuliah
ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa
pendidikan agar mendapatkan kesempatan dalam mengembangkan kemampuan
dalam proses mengajar dan pada akhirnya dapat ikut berpartisipasi dalam
mengembangkan dunia pendidikan di masyarakat.
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) telah dilaksanakan di MAN 2
Yogyakarta dimulai pada tanggal 15 September 2017 hingga tanggal 15 November
2017. Pada praktik mengajar, mahasiswa diberikan tanggung jawab untuk
melaksanakan proses pembelajaran di kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan XI IBB.
Sebelum kegiatan PLT dilaksanakan, mahasiswa telah melewati kegiatan praPLT
yang meliputi pembekalan PLT oleh jurusan dan mata kuliah micro teaching yang
bertujuan untuk memberikan pelatihan awal dan persiapan praktik mengajar yang
sebenarnya di sekolah, serta melakukan observasi kelas dan sekolah agar mengetahui
proses pembelajaran yang berlangsung di MAN 2 Yogyakarta. Kegiatan observasi
membantu mahasiswa untuk merumuskan program kerja PLT yang akan
dilaksanakan. Program kerja PLT yang telah dirumuskan antara lain, pembuatan
perangkat pembelajaran (perhitungan minggu efektif, program semester, program
tahunan, silabus, RPP), pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, dan
evaluasi pembelajaran.
Rangkaian program kerja PLT MAN 2 Yogyakarta telah dilaksanakan dengan
lancar terlepas dari beberapa hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya yang
dapat diatasi dengan berkonsultasi baik dengan guru pamong, dosen pembimbing,
dan mahasiswa PLT lain. Tantangan yang dihadapi di dalam kelas juga telah dihadapi
oleh mahasiswa, antara lain menyesuaikan metode mengajar dengan karakter belajar
peserta didik dan kondisi kelas.Rosmauli Sitompul Agathya Amas