Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:41:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-26T01:31:58Z2019-01-29T22:48:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19382This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/193822015-05-26T01:31:58ZPENGARUH METODE TEAM QUIZ TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGHADAPI SITUASI DARURAT
PADA MATA PELAJARAN K3LH DI SMK NEGERI 2 GODEANPENGARUH METODE TEAM QUIZ TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGHADAPI SITUASI DARURAT
PADA MATA PELAJARAN K3LH DI SMK NEGERI 2 GODEAN
Oleh:
Afriliya Evi Qur’anni
NIM 09513241031
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) minat belajar peserta didik kelas X Busana Butik dengan metode team quiz antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran K3LH di SMK Negeri 2 Godean, 2) pencapaian kompetensi peserta didik kelas X Busana Butik dengan metode team quiz antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran K3LH di SMK Negeri 2 Godean, 3) pengaruh penerapan metode team quiz terhadap minat belajar peserta didik kelas X Busana Butik SMK Negeri 2 Godean pada mata pelajaran K3LH, 4) pengaruh penerapan metode team quiz terhadap pencapaian kompetensi peserta didik kelas X Busana Butik SMK Negeri 2 Godean pada mata pelajaran K3LH.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment, dengan desain two-group posttest only. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Busana Butik SMK Negeri 1 Godean yang berjumlah 64 orang dan ditentukan secara random. Data penelitian diambil dengan lembar pengamatan, angket dan soal tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar peserta didik kelas eksperimen memiliki rerata 74,75 dan termasuk dalam kategori minat belajar yang tinggi sedangkan pada kelas kontrol memiliki rerata 71,34 dan termasuk dalam kategori minat belajar yang rendah, 2) Pencapaian kompetensi peserta didik kelas eksperimen memiliki rerata 79,87 dan terdapat 91,625% peserta didik yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori baik sekali sedangkan kelas kontrol memiliki rerata 65,12 dan terdapat 18,75% peserta didik yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori kurang, 3) Terdapat pengaruh penerapan metode team quiz terhadap minat belajar peserta didik kelas X Busana Butik di SMK Negeri 2 Godean, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,308 > 2,03). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran, 4) Terdapat pengaruh penerapan metode team quiz terhadap pencapaian kompetensi peserta didik kelas X Busana Butik di SMK Negeri 2 Godean, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (7,183 > 2,03). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada perbedaan yang signifikan antara pencapaian kompetensi peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran.
Kata kunci: Team Quiz, Minat Belajar, Pencapaian KompetensiQur’anni Afriliya Evi