Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:44:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-04T01:51:12Z2019-01-29T17:22:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8101This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81012012-12-04T01:51:12ZANALISIS KESESUAIAN ISI, MOD EL KETERPADUAN MATERI IPA,
DAN PENILAIAN KOGNITIF BERDASARKAN TUNTUTAN SK DAN KD
PADABUKU PELAJARAN IPAUNTUK SMP KELAS VIII Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian keterpaduan IPA
dalam buku dengan salah satu model keterpaduan yang ada, mengetahui
kesesuaian materi dalam buku teks IPA dengan kebenaran konsep IPA,
mengetahui kesesuaian penilaian yang ada dalam buku teks dengan standar
kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang diajarkan, serta untuk
mengetahui kesesuaian materi dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi
dasar (KD) yang akan diajarkan dalam buku ajar IPA Terpadu kelas VIII.
Penelitian ini mer upakan penelitian analisis isi dengan menggunakan
dokumen sebagai objek penelitian. Rancangan penelitian menggunakan teknik
analisis isi untuk mendeskripsikan secara objektif, sistematis, dan komunikatif
dalam menarik kesimpulan dari sebuah buku atau dokumen. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua buku yang digunakan guru SMP kelas VIII di
Kabupaten Bantul. Sampel pada penelitian ini adalah satu buku yang digunakan di
SMP N 1 Piyungan. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu
dengan pertimbangan bahwa buku tersebut paling banyak digunak an guru sebagai
bahan ajar di berbagai SMP di kabupaten Bantul.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat model
keterpaduan yang digunakan pada buku yang dianalisis, masih ditemukan
beberapa kesalahan atau kurang lengkap pada konsep yang disajikan , kompetensi
dasar yang paling ba nyak dituntut dalam penilaian kognitif untuk kelas 8 adalah
tingkatan C2 dan unt uk soal tipe ini ditemukan di dalam buku yang dianalisis
dengan jumlah beragam di tiap babnya. Serta kesesuaian materi dengan SK dan
KD sudah cukup tinggi.
Kata kunci: Kesesuaian, Isi, Model kete rpaduan, Penilaian kognitif.
Yunita Afrilia