Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:11:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-09-17T02:25:48Z2019-09-17T02:25:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65883This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/658832019-09-17T02:25:48ZPENGARUH KOMPETENSI SISWA DAN PERAN SERTA BKK TERHADAP MOTIVASI UNTUK BEKERJA DI BIDANG OTOMOTIF SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK se-KABUPATEN BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi siswa
terhadap motivasi untuk bekerja di bidang otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik
Kendaraan Ringan SMK se-Kabupaten Bantul, dan (2) pengaruh peran serta BKK
terhadap motivasi untuk bekerja di bidang otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik
Kendaraan Ringan SMK se-Kabupaten Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif komparatif. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK se-Kabupaten Bantul Jurusan
Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 122 siswa yang meliputi SMK
Muhammadiyah 1 Imogiri, SMK Muhammadiyah Bambanglipuro, SMKN
Sedayu dan SMK Ma’arif Piyungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik proporsional random sampling dengan menggunakan tabel Krecjie dan
Morgan pada taraf signifikan 5%. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMK
se-Kabupaten Bantul Jurusan Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 92 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan uji Independent t Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kompetensi tinggi
mempunyai motivasi untuk bekerja di bidang otomotif lebih tinggi dari pada
siswa yang mempunyai kompetensi rendah yang ditunjukkan dari nilai thitung lebih
besar dari nilai ttabel (6,209>1,973), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05
(0,000<0,05). Hasil temuan tersebut menunjukkan jika ada pengaruh kompetensi
siswa terhadap motivasi untuk bekerja di bidang otomotif siswa kelas XI Jurusan
Teknik Kendaraan Ringan SMK se-Kabupaten Bantul; dan (2) Sekolah yang
peran serta BKKnya aktif mempunyai siswa dengan motivasi untuk bekerja di
bidang otomotif lebih tinggi dari pada siswa yang peran serta BKKnya kurang
aktif yang ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (6,510>1,973),
nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,006<0,05). Hasil temuan tersebut
menunjukkan jika ada pengaruh peran serta BKK terhadap motivasi untuk bekerja
di bidang otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK se-
Kabupaten Bantul.Muhammad Afifi