Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:39:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-28T07:38:44Z2019-10-01T11:45:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35543This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/355432016-06-28T07:38:44ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015
LOKASI: SMP NEGERI 2 MLATIPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Mlati telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari program pendidikan Matematika, pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pendidikan Keterampilan dan kerajinan, pendidikan Bahasa Jawa, pendidikan Jasamani Kesehatan dan Rekreasi, dan program Bimbingan dan Konseling.
Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di satu kelas, yaitu kelas VIII D. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 9 kali mengajar secara terencana dan 2 kali mengajar tanpa rencana. Materi yang diajarkan yaitu menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya, yang meliputi pemfaktoran dengan sifat distributif ax + ay = a(x + y), pemfaktoran bentuk kuadrat sempurna x2 + 2xy + y2 dan x2 - 2xy + y2, pemfaktoran bentuk selisih dua kuadrat x2 - y2, pemfaktoran bentuk x2 + px + q, pemfaktoran bentuk px2 + qx + r, dan menyederhanakan pembagian suku pemfaktoran aljabar. Kemudian ulangan, remidial, dan pengayaan. Selama PPL, praktikan juga menyusun program-program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar.
Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk mencari solusi dari semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Hambatan yang muncul seperti adanya siswa yang masih kesulitan memahami materi, kurangnya waktu yang tersedia untuk mendalami materi, dan kesulitan praktikan dalam mengelola kelas yang sangat ramai selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar dapat diatasi dengan beberapa solusi seperti memberikan soal latihan dan tugas untuk dikerjakan siswa secara individu dengan soal yang lebih bervariatif. Untuk mencapai target dengan waktu yang sedikit, pembelajaran dibuat agak cepat, kemudian memberikan PR atau tugas individu untuk dikerjakan dirumah dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya, kemudian pembelajaran dilakukan secara lebih pelan dan mendalam, serta berulang-ulang agar siswa benar-benar paham. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.
Sleman, 13Afif Rizal Afif Rizal