Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:24:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-09T03:46:43Z2019-10-01T11:55:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39241This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/392412016-08-09T03:46:43ZPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
NamaSekolah:
SMK Negeri 1KlatenPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana praktik bagi
mahasiswa di lapangan dalam upaya pembentukan calon guru atau tenaga
kependidikan yang professional dengan memberikan pengalaman kepada calon
pendidik mengenai pengimplementasian ilmu yang telah dikuasai dalam praktik
keguruan yang sesungguhnya di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus
menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia
pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas di masa
depan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai 2Juli 2014 sampai dengan 17
September 2014, mahasiswa praktikan memperoleh tugas melaksanakan praktik
mengajar di dalam kela yang diampu oleh guru pembimbing dengan
mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah
dipelajari dibangku kuliah dengan penuh tanggung jawab
Kegiatan PPL merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari observasi
kelas, serta proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta
didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain, Koordinator KKN-PPL SMK N
1Klaten dan guru pembimbing,penyusunan silabus dan RPP, serta pelaksanaan
proses pembelajaran selama kurang lebih 6 minggu dengan penyampaian dua
Kompetensi Dasar yaitukelas XI.KompetensiDasar yang
telahdisampaikanadalahsektor dan tanggung jawab industri, dan sektor industri
jasa keuangan.
Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini masih banyak terdapat hambatan
yang dialami oleh mahasiswa, diantaranya yaitu pengelolaan kelas dan
pengelolaan waktu. Tetapi dengan ilmu yang diperoleh saat kuliah, mahasiswa
berusaha untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Selain hambatan, ada juga
beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh mahasiswa melalui kegiatan PPL ini
yaitu mahasiswa memiliki kesempatan untuk menemukan permasalahanpermasalahan
seputar kegiatan belajar mengajar dan berusaha memecahkan
permasalahan tersebut dengan menerapkan ilmu dan teori-teori yang dipelajari di
kampus, memperluas wawasan mahasiswa tentang tugas tenaga pendidik, kegiatan
persekolahan dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran proses belajar
mengajar di sekolah serta mahasiswa bisa mengembangkan kreativitasnya,
misalnya dengan menciptakan media pembelajaran, menyusun materi sendiri
berdasarkan kompetensi yang ingin dicapai.Afida Salsabila Afida Salsabila