Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:52:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-11T03:14:48Z2019-01-29T17:41:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8591This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85912012-12-11T03:14:48ZMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK SISWA KELAS IV SDN TINATAR II KECAMATAN PUNUNG PACITANPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk
Sekolah Dasar Negeri Tinatar II Kecamatan Punung Pacitan.
Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti
berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri Tinatar II Pacitan. Subyek
penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tinatar II Pacitan.
Siswa kelas IV ini berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6
siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes
dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil
observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif untuk hasil tes dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil
observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan
Teknologi dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri
Tinatar II Pacitan. Pada tahap awal sebelum dilakukan tindakan dari 15 siswa
kelas IV SD Negerii Tinatar II Pacitan yang dinyatakan lulus atau telah mencapai
nilai ketuntasan sebanyak 5 siswa atau 33,3% dan siswa yang belum mencapai
nilai ketuntasan sebanyak 10 siswa atau 66,7% dengan nilai rata-rata 68,7. Pada
pelaksanaan tindakan siklus I terdapat sebanyak 9 siswa atau sebesar 60%
dinyatakan lulus atau mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,9. Siswa
yang belum mencapai nilai ketuntasan atau belum lulus ada 6 siswa atau sebesar
40%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II terdapat sebanyak 12 siswa atau sebesar
80% siswa yang dinyatakan lulus atau mencapai nilai ketuntasan. Siswa yang
belum lulus ada 3 siswa atau 20% dengan nilai rata-rata sebesar 73,8.
Kata kunci : prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial, model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Cahya Pradiatama Affif