Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:11:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-21T02:25:51Z2019-01-30T11:02:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41534This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/415342016-09-21T02:25:51ZHubungan Kemampuan Kognitif Dalam Pengukuran Teknik dan Sikap Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK N 1 SedayuHubungan Kemampuan Kognitif Dalam Pengukuran Teknik dan Sikap Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK N 1 Sedayu
Oleh:
Riyan Afandi
NIM. 12503241012
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan
kognitif dalam pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik, hubungan
sikap percaya diri terhadap prestasi belajar praktik, dan hubungan kemampuan
kognitif dalam pengukuran teknik dan sikap percaya diri secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar praktik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
expost-facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena seluruh siswa
kelas X di jurusan teknik pemesinan SMK Negeri 1 Sedayu diambil datanya.
Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan
dari kemampuan kognitif dalam pengukuran teknik terhadap prestasi belajar
praktik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,479 (r = 0,692 dan t = 5,251
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000). Ada hubungan yang positif dan
signifikan dari sikap percaya diri terhadap prestasi belajar praktik dengan nilai
koefisien determinasi sebesar 0,329 (r = 0,574 dan t = 3,838 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,001). Ada hubungan yang positif dan signifikan dari
kemampuan kognitif dalam pengukuran teknik dan sikap percaya diri secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar praktik dengan nilai koefisien
determinasi sebesar 0,535 (r = 0,731 dan F = 16,665 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000).
Kata Kunci: kemampuan kognitif, sikap percaya diri, prestasi belajar praktikRiyan Afandi