Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:56:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-09-20T02:01:53Z2019-01-30T15:08:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52784This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/527842017-09-20T02:01:53ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS VII SMPPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan Pendidikan Matematika Realistik ditinjau dari prestasi dan kemandirian belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pemalang.
Penelitian ini merupakan pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pemalang yang terdiri dari 9 kelas. Kemudian dipilih satu kelas dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar siswa. Validasi instrumen menggunakan validasi isi melalui expert judgments. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-one sample test dan t-paired sample test.
Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata pretest dan posttest prestasi belajar masing-masing sebesar 31,28 dan 68,375. Sedangkan skor rata-rata awal dan akhir kemandirian belajar siswa masing-masing 87,625 dan 89,40. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik efektif ditinjau dari peningkatan prestasi dan kemandirian belajar.Kasyifatun AeniSugiman Sugiman