Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:49:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-02-20T02:09:33Z2019-01-30T13:39:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48421This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/484212018-02-20T02:09:33ZHUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KLATENPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tingkat kebugaran jasmani seseorang karena dengan jasmani yang bugar maka akan memiliki kemampuan motorik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
hubungan kemampuan motorik dengan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Klaten sebanyak 292 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Klaten sebanyak 165 siswa yang dihitung menggunakan tabel Krecjie dan Morgan pada
taraf signifikan 5%. Instrumen yang digunakan pada kemampuan motorik adalah barrow motor ability test yang dikutip oleh Nur Hasan (2004: 6.8) yang terdiri
atas: standing broad jump, soft ball throw, zig-zag run, wall pass, medicine ball put, dan lari 60 yard dash. Instrumen yang digunakan pada tingkat kebugaran
jasmani mengacu pada buku Tingkat Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) (2010: 3-31) meliputi: kecepatan dengan tes lari 40 meter, kekuatan dengan tes gantung
siku tekuk, tes baring duduk 30 detik, daya ledak dengan tes loncat tegak, dan daya tahan jantung dengan tes lari 600 meter. Teknik Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan motorik dengan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Klaten. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih
besar dari r tabel (0,561>0,195) dan nilai signifikansi sebesar 0,000; yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05)Gazali Abas Adnan