Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:16:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-07T07:25:41Z2019-01-30T09:29:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34032This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/340322016-06-07T07:25:41ZPELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
MENGGUNAKAN SOFTWARE SIMULASI PROTEUS DALAM
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI PADA MATA PELAJARAN
PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS
XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 2 DEPOKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran
kooperatif tipe STAD menggunakan software simulasi Proteus dalam
meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada mata pelajaran penerapan
rangkaian elektronika siswa kelas XI Teknik Audio Video SMKN 2 Depok tahun
ajaran 2014-2015.
Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe STAD guna memecahkan masalah penurunan
keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI jurusan teknik audio video SMK
Negeri 2 Depok yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan
setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes evaluasi belajar,
dan dokumentasi. metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu
metode analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa
kelas XI jurusan teknik audio video SMK Negeri 2 Depok. hal tersebut dapat
dilihat dari peningkatan rata-rata indikator tiap pertemuan. Pada indikator
keaktifan siswa, siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan
belajar siswa sebesar 51,33% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 55,33%.
Siklus II pertemuan pertama rata-rata persentase 71,44% dan pertemuan kedua
meningkat menjadi 78,00%. Rata-rata keaktifan belajar siswa per siklus
meningkat dari 53,33% pada siklus I menjadi 74,72% pada siklus II. Pada
indikator prestasi belajar siswa, nilai awal pra-siklus rata-rata ketuntasan belajar
siswa sebesar 23,33%, siklus I rata-rata ketuntasan belajar sebesar 53,33%,
siklus II meningkat menjadi 83,33%.
Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), keaktifan belajar,
prestasi belajar, penerapan rangkaian elektronik, software simulasi proteus.I Wayan Adiyasa