Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:26:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-29T07:51:55Z2019-03-11T02:12:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24044This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/240442015-07-29T07:51:55ZUPAYA PENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK
DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA
KELAS V SD KANISIUS MINGGIRPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan bermain dapat
meningkatkan kemampuan lari jarak pendek siswa kelas V SD Kanisius Minggir
Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2
siklus, setiap siklus dilakukan dua pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan selama
2x35 menit. Subjek peneliti adalah siswa kelas V SD Kanisius Minggir Sleman
Yogyakarta yang berjumlah 18 siswa. Sasaran yang diteliti ialah peningkatan
pembelajaran lari jarak pendek. Pembelajaran diarahkan pada rasa senang dan
antusias. Lari jarak pendek diarahkan pada reaksi koordinasi dan kecepatan.
Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan
tes unjuk kerja.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, aktif, tidak
malas, dan merasa senang. Sedangakan nilai kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes
unjuk kerja lari, nilai rerata siswa siklus pertama 67, siswa yang mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal) 56% dari ketentuan sekolah adalah 75. Pada siklus
dua nilai meningkat menjadi 81 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal) 87%. Hasil ini sangat meningkat dibandingkan dengan hasil
tes unjuk kerja siswa kelas V tahun sebelumnya yang hanya 45% tuntas dari
ketentuan KKM sekolah 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode
pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek pada
siswa kelas V SD Kanisius Minggir, Sendangagung, Minggir Sleman.Aditya Hari Wibawanto