Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:36:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-28T08:33:20Z2019-01-30T10:05:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37927This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/379272016-07-28T08:33:20ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI SISWA
KELAS VII SMP NEGERI 4 WATES TERHADAP PROSES
PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKETPenelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran penjasorkes yang
kurang optimal khususnya saat materi permainan bolabasket. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa
kelas VII SMP Negeri 4 Wates terhadap proses pembelajaran permainan
bolabasket.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik
pengumpulan datanya menggunakan angket yang terdiri dari 23 pernyataan
meliputi aspek perhatian, minat, pengalaman, guru, metode pembelajaran, materi,
sarana dan prasarana, lingkungan sekolah dan teman. Populasi dalam penelitian
ini terdiri dari 160 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan
Proportional Random Sampling, yang diambil sebanyak 25% dari jumlah
populasi sehingga didapatkan subyek penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri
dari 24 siswa putra dan 16 siswa putri. Analisis data yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan faktor
internal yang mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates
terhadap proses pembelajaran permainan bolabasket berada pada kategori sangat
baik dengan persentase 10% atau 4 siswa, kategori baik dengan persentase 12.5%
atau 5 siswa, kategori cukup baik dengan peresentase 42.5% atau 17 siswa,
kategori kurang baik dengan persentase 27.5% atau 11 siswa dan kategori sangat
kurang dengan persentase 7.5% atau 3 siswa, sedangkan faktor eksternal yang
mempengaruhi persepsi siswa kelas VII terhadap proses pembelajaran permainan
bolabasket di SMP Negeri 4 Wates berada pada kategori sangat baik dengan
persentase 7.5% atau 3 siswa, kategori baik dengan persentase 25% atau 10 siswa,
kategori cukup baik dengan peresentase 27.5% atau 11 siswa, kategori kurang
baik dengan persentase 35% atau 14 siswa dan kategori sangat kurang dengan
persentase 5% atau 2 siswa. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian
yaitu faktor internal lebih mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4
Wates.Aditya Bayu Ariyantara2016-07-28T07:06:52Z2019-01-30T10:02:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37703This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/377032016-07-28T07:06:52ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI SISWA
KELAS VII SMP NEGERI 4 WATES TERHADAP PROSES
PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKETPenelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran penjasorkes yang
kurang optimal khususnya saat materi permainan bolabasket. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa
kelas VII SMP Negeri 4 Wates terhadap proses pembelajaran permainan
bolabasket.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik
pengumpulan datanya menggunakan angket yang terdiri dari 23 pernyataan
meliputi aspek perhatian, minat, pengalaman, guru, metode pembelajaran, materi,
sarana dan prasarana, lingkungan sekolah dan teman. Populasi dalam penelitian
ini terdiri dari 160 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan
Proportional Random Sampling, yang diambil sebanyak 25% dari jumlah
populasi sehingga didapatkan subyek penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri
dari 24 siswa putra dan 16 siswa putri. Analisis data yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan faktor
internal yang mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates
terhadap proses pembelajaran permainan bolabasket berada pada kategori sangat
baik dengan persentase 10% atau 4 siswa, kategori baik dengan persentase 12.5%
atau 5 siswa, kategori cukup baik dengan peresentase 42.5% atau 17 siswa,
kategori kurang baik dengan persentase 27.5% atau 11 siswa dan kategori sangat
kurang dengan persentase 7.5% atau 3 siswa, sedangkan faktor eksternal yang
mempengaruhi persepsi siswa kelas VII terhadap proses pembelajaran permainan
bolabasket di SMP Negeri 4 Wates berada pada kategori sangat baik dengan
persentase 7.5% atau 3 siswa, kategori baik dengan persentase 25% atau 10 siswa,
kategori cukup baik dengan peresentase 27.5% atau 11 siswa, kategori kurang
baik dengan persentase 35% atau 14 siswa dan kategori sangat kurang dengan
persentase 5% atau 2 siswa. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian
yaitu faktor internal lebih mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4
Wates.Aditya Bayu Ariyantara