Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:54:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-10T08:57:22Z2019-10-01T11:32:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51932This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/519322017-08-10T08:57:22ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMK NEGERI 2 KLATEN
TAHUN AJARAN 2016/2017
PERIODE 18 JULI 2016 – 14 SEPTEMBER 2016Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan.
Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk
menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai,
sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Maka dari itu tujuan
dari pelaksanaan kegiatan PPL ini yaitu : (1) Agar mahasiswa dapat menyiapkan
instrumen-instrumen yang diperlukan sebelum melakukan praktik mengajar; (2)
Mahasiswa dapat melakukan praktik mengajar; (3) Mahasiswa dapat menilai hasil
belajar siswa. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2014 adalah SMK
Negeri 2 Klaten.
Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan.
Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru
pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul,
buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik
mengajar dikelas mata pelajaran teori maupun praktik, penulis diberikan tugas oleh
guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Perekayasaan
Sistem Antena”, pengajaran ekstra kulikuler Arduino. Praktik mengajar dimulai pada
tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 14 September 2016, dengan menerapkan
Kurimulim 2013 dan jumlah total jam 142 jam.
Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar
bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan
kelas. Hasil yang dicapai setelah melakukan persiapan sebelum kegiatan mengajar
yaitu praktikan dapat mengetahui dan membuat instrumen yang dibutuhkan sebelum
melakukan kegiatan mengajar agar kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan
lancar. Dengan kegiatan mengajar maka praktikan mendapatkan pengalaman yang
berharga untuk dapat belajar menjadi tenaga pendidik yang kompeten dan memiliki
keterampilan pedagogik yang profesional. Yang kemudian praktikan dapat melakukan
penilaian dari hasi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakn dan seberapa
besar tujuan pendidikan itu sudah tercapai.Adiguna Satrya Wibowo Adiguna Satrya Wibowo