Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:03:17ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-03-01T02:05:00Z2019-03-01T02:05:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62845This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/628452019-03-01T02:05:00ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKRO 3 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas X TKRO 3
SMK N 2 Yogyakata. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan model
pembelajaran langsung.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment . Desain penelitian yang
digunakan adalah Nonequivalent Control Group. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas X TKRO 2 dan X TKRO 3 SMK N 2 Yog yakarta yang
berjumlah 62 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi
dan tes. Untuk mengetahui keadaan awal dilakukan pre-test dan untuk
mengetahui keadaan akhir dilakukan post-test. Instrumen yang digunakan
berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi pembelajaran yang sudah
diuji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan 50 soal valid
dan hasil reabilitas sebesar 0,814. Teknik analisis data menggunakan
statistik deskritif didukung dengan uji paired-samples T Test dan uji
independent-samples T Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan
pada model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar
siswa di kelas X TKRO 3 SMK N 2 Yogyakarta. Berdasarkan hasil uji pairedsample
T Test diperoleh t hitung 11,731 lebih besar dari t tabel 2,042
(11,731>2,042) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai
signifikansi sebesar taraf 5% (0,000<0,05). (2) terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe snowball throwing dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan
model pembelajaran langsung (ceramah). Berdasarkan hasil uji independentsamples
T Test diperoleh t hitung sebesar 2,090 lebih besar dari t tabel 2,000
(2,090>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,041 lebih kecil dari pada nilai
signifikansi sebesar taraf 5% (0,041<0,05), menandakan model pembelajaran
snowball throwing lebih baik daripada model pembelajaran langsung.Yuli Surya Adi-