Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:31:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-02T03:22:28Z2019-01-30T10:52:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41050This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/410502016-09-02T03:22:28ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM
ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN KELAS XI
SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUKPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM
ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN KELAS XI
SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK
TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh :
AdiIrawan
NIM.08504244022
ABSTRAK
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapan model
pembelajarankooperatiftipe TAI (Team Accelerated Instruction)
untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI Teknik Sepeda Motor SMK
Muhammadiyah 1 Patuktahunajaran 2014/2015.
Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Subjekdalampenelitianiniadalahsisw
a SMK Muhammadiyah 1 Patuk Tahun Ajaran 2014/2015 kelas XI A TeknikSepeda
Motor sebanyak 21siswamelaluiteknikpurposive,
dimanapenentuansubjekdidasarkanatasadanyakarakteristik yang
menunjukkanhasilbelajarsistempengisianbelummencapaikriteriaketuntasan minimal
(KKM).Prosedurpenelitanmeliputiperencanaan, pelaksanaantindakan,
observasidanrefleksisetiapsiklusnya.Metodepengumpulan data
menggunakanteskognitif.Teknikanalisis data menggunakan analisisdeskriptif.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: penerapan model pembelajarankooperatiftipe
TAI (Team Accelerated Instruction) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI
Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuktahunajaran 2014/2015. Hal
inidapatdibuktikandenganpeningkatanpencapaiankriteriaketuntasan minimal yang
ditetapkan 75,00mengalamipeningkatansetiapsiklusnya. Padaprasiklushanya19% siswa
yang mencapaikriteriaketuntasan minimal.Padasiklus I menggunakan model
pembelajarankooperatiftipe TAI pencapaiankompetensisiswameningkatmenjadi71,4%
yang mencapaikriteriaketuntasan minimal. Padasiklus II
pencapaiankompetensisiswameningkatlagimenjadi90,5% yang
telahmencapaikriteriaketuntasan minimal. Selainitu, nilai rata-rata
hasilbelajarsiswapadakompetensisistempengisiansepeda motor
jugamengalamipeningkatansetiapsiklusnya. Padaprasiklusnilai rata-rata sebesar67,46,
padasiklus I denganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipe TAI
menjadi77,94 danpadasiklus II menjadi83,49.
Pencapaiankompetensisiswatersebuttelahsesuaiharapantelahdianggapberhasil.
Kata Kunci:PembelajaranKooperatiftipe TAI,HasilBelajar.Irawan Adi