Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:26:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-03-22T06:59:06Z2019-01-30T06:59:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30426This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/304262016-03-22T06:59:06ZPENGARUH KREATIVITAS IKLAN, UNSUR HUMOR, DAN KUALITAS
PESAN IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI AQUA
“VERSI ADA AQUA”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas
iklan terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi Ada Aqua, (2) pengaruh
unsur humor terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi Ada Aqua, (3)
pengaruh kualitas pesan iklan terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi
Ada Aqua, dan (4) pengaruh kreativitas iklan, unsur humor, dan kualitas
pesan iklan terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi Ada Aqua.
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh pemirsa iklan televisi AMDK merek Aqua di
Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 200 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi
berganda.
Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1)
terdapat pengaruh positif kreatifitas iklan terhadap efektifitas iklan televisi
Aqua versi Ada Aqua, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6,469 dengan
nilai signifikansi 0,000<0,05, dan koefisien regresi sebesar 0,594; (2)
terdapat pengaruh positif unsur humor terhadap efektifitas iklan televisi
Aqua versi Ada Aqua, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,548 dengan
nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,531;
(3) Terdapat pengaruh positif kualitas pesan iklan terhadap efektifitas iklan
televisi Aqua versi Ada Aqua, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,925
dengan nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,609;
dan (4) terdapat pengaruh kreatifitas iklan, unsur humor, dan kualitas pesan
iklan secara simultan terhadap efektifitas iklan televisi Aqua versi Ada
Aqua, dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 63,534 dengan signifikansi
0,000<0,05.Ericho Adi