Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:46:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-30T04:10:29Z2019-01-30T00:24:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22079This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/220792015-06-30T04:10:29ZPENERAPAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION
DEPLOYMENT) PADA RENCANA PENGEMBANGAN
SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTAPENERAPAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION
DEPLOYMENT) PADA RENCANA PENGEMBANGAN
SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
ABSTRAK
Penulis : Adhitya Wahyu Wicaksono
Pembimbing : K. Ima Ismara, M.Pd., M.Kes
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode QFD(Quality
Function Deployment) telah diterapkan pada rencana pengembangan sekolah di SMK
Negeri 2 Yogyakarta, mengetahui bagaimana penerapan metode QFD(Quality
Function Deployment) pada rencana pengembangan sekolah di SMK Negeri 2
Yogyakarta, dan pembuatan matrik house of quality.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan dengan
pengambilan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Subjekpenelitianadalahguru pengurus RPS atau tim pelaksana pembuatan rencana
pengembangan sekolah dan konsumen yaitu siswa di SMK Negeri 2
Yogyakarta.Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data kuantitatif
diolah secara deskriptif. Validitas konstruk instrumen diketahui melalui Expert
Judgement. Penentuan reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pengembangan sekolah di
SMK Negeri 2 Yogyakarta telah menerapkan metode QFD. Tahapan pelaksanaan
QFD yang telah dilaksanakan di sekolah tersebut adalah penjaminan kualitas RPS,
penerimaan pendapat konsumen atas perencanaan yang ada, pemenuhan keinginan
konsumen, melakukan survey, pembuatan angket kebutuhan konsumen. Tahapan
metode QFD yang belum dilaksanakan adalah pembuatan checklist, dan pembuatan
matrik house of quality. Pelaksanaan metode QFD tegolong kategori baik dengan
presentasi sebesar 37,2% sangat baik, persentasekategori baik sebesar 62,8%,
persentasekategori cukup dan presentasi kategori buruk sebesar 0%. Hasil pembuatan
matrik house of quality mendapatkan prioritas yang paling utama untuk perbaikan
adalah: kualitas pelayanan yang diberikan tim pelaksana, kesesuaian biaya dengan
pemenuhan kebutuhan konsumen, kelengkapan perencanaan dimasa mendatang,
kebertanggung jawaban sekolah atas kebutuhan siswa, kelengkapan sarana di sekolah.
Kata Kunci: Metode QFD, Rencana Pengembangan Sekolah, Matrik House ofWahyu Wicaksono Adhitya