Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:01:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2023-01-30T06:48:33Z2023-01-30T06:48:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76307This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/763072023-01-30T06:48:33ZPengaruh Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sepakbola di SD Muhammadiyah Banyuraden Kecamatan GampingPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan reward dan punishment terhadap peningkatan karakter disiplin peserta didik melalui pembelajaran sepakbola. Dalam penelitian ini peneliti menemukan masalah berupa kurangnya tingkat kedisiplinan peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Banyuraden Kecamatan Gamping dalam mengikuti pembelajaran penjas.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilalukan selama dua siklus atau 2x pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V sejumlah 44 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara kepada guru. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif rumus persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas V mengalami peningkatan kedisiplinan setelah diberi tindakan oleh guru. Pada siklus I diketahui persentase pencapaian tingkat kedisiplinan peserta didik sebesar 22,8% (10 anak) dengan rata-rata tingkat kedisiplinan 68,6%. Sedangkan pada siklus II persentase pencapaian tingkat kedisiplinan peserta didik sebesar 81,8% (36 anak) dengan rata-rata tingkat kedisiplinan 84,3%. Penelitian dikatakan berhasil jika tingkat kedisiplinan mencapai kriteria kedisiplinan Berkembang Sangat Baik (BSB) 75,1% - 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan reward dan punishment dalam pembelajaran sepakbola berpengaruh terhadap peningkatan karakter disiplin peserta didik.Zulkifly Adha