Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:32:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T07:16:49Z2019-10-01T11:55:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38570This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/385702016-08-03T07:16:49ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP N 1 PAKEMPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk
menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang
keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses
belajar mengajar. Program Praktek Lapangan (PPL) ini juga bertujuan untuk
menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai,
sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) ini sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita
dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama
mengikuti perkuliahan. Praktek mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis
dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada
tanggal 1 Juli s.d. 17 September 2014 yang berlokasi di SMP Negeri 1 Pakem, yang
beralamat di Jln. Kaliurang Km.17,
Dalam praktik mengajar, mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan
pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat
rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan.
Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah.
Dalam bimbingan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa (penulis)
mendapatkan kesempatan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas VIII A,
VIII B, VIII C, VIII D, IX A, IX D. Kurikulum yang digunakan adalah untuk kelas
VIII menggunakan Kurikulum 2013 sedangkan untuk kelas IX menggunakan
Kurikulum KTSP, maka untuk penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
mengikuti kurikulum yang digunakan. Penggunaan metode pembelajaran yang
diterapkan adalah metode diskusi, demonstrasi, praktik, dan latihan. Sedangkan media
yang digunakan adalah gambar, video, power point, dan peralatan seni.
Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di ruang kelas masing-masing dan di
lapangan. Dari waktu yang diberikan, mahasiswa (praktikan) dapat mengajar 5 sampai
6 kali pertemuan setiap kelas. Materi yang diajarkan untuk kelas VIII adalah ragam
hias flora, ragam fauna, ragan hias figuratif, ragam hias geometris, gambar bentuk dan
gambar ilustrasi. Sedangkan untuk IX adalah batik.Ade Setiadi Ade Setiadi