Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T08:08:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-20T03:05:57Z2019-01-29T19:11:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13504This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/135042015-03-20T03:05:57ZPERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP
PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
DI SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTULBelum diketahuinya persepsi guru pendidikan jasmani terhadap
pembelajaran menggunakan media gambar di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan
media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan
teknik pengumpulan data dengan skala psikologi. Instrumen yang digunakan
terlebih dahulu diuji coba dengan menggunakan perhitungan validitas dari Karl
Pearson dengan bantuan program SPSS 16 dan menunjukkan bahwa 3 item
dinyatakan gugur karena memiliki nilai r hitung kurang dari r tabel. Selain itu juga
diuji reliabilitasnya dengan rumus alpha cronbach dan menunjukkan bahwa nilai
alpha sebesar 0,965. Subyek penelitian ini adalah semua guru pendidikan jasmani
di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 39 guru dari 18 SMA
Negeri di Bantul.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi
guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran menggunakan media gambar di
SMA Negeri se-Kabupaten Bantul adalah 5 guru (12,82%) kategori sangat positif,
6 guru (15,38%) kategori positif, 18 guru (46,15%) kategori cukup positif 8 guru
(20,51%) kategori kurang positif dan 2 guru (5,13%) kategori sangat kurang
positif. Frekuensi terbanyak sebesar 46,15% yaitu pada kategori cukup positif.Abiasa Tri Nugra Abiasa Tri Nugraha