Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:30:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-27T03:44:20Z2022-01-17T02:45:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35462This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/354622016-06-27T03:44:20ZModel Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Cakram Berbasis Permainan dengan Modifikasi Alat CakramPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lempar cakram berbasis permainan dengan alat yang dimodifikasi untuk pembelajaran gerak dasar lempar cakram yang efektif penggunaannya dalam pembelajaran penjaorskes untuk peserta didik SMP kelas VIII.
Penelitian pendidikan dan pengembangan ini mengacu pada metode Zainal Arifin yang diadopsi dari metode Borg & Gall, kemudian diadaptasikan menjadi tujuh langkah yang saling berkaitan, yaitu: (1) pengumpulan informasi lapangan (2) analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) uji operasional dan revisi dan uji efektivitas, dan (7) diseminasi dan implementasi penerbitan jurnal pada perguruan tinggi. Instrumen penilaian produk, yang meliputi: (1) penilaian kesesuaian materi pembelajaran, (2) penilaian keefektifan model permainan, (3) angket siswa untuk mengukur ranah kognitif dan ranah afektif oleh siswa dan pengamatan ranah psikomotorik dilakukan oleh guru penjasorkes. Validitas dan reabilitas data diperoleh dengan menggunakan hitungan content validity ratio (CVR). Uji produk menggunakan hitungan P = : N x 100% dengan standar penilaian acuan patokan (PAP), Uji keefektifan menggunakan program SPSS Statistik versi 21.
Produk yang dikembangkan berupa model pembelajaran gerak dasar lempar cakram berbasis permainan dengan alat cakram modifikasi yang terbuat dari rotan, selang air, dan tali tambang yang mudah dibuat, murah, aman digunakan, dan efektif penggunaannya dalam pembelajaran gerak dasar lempar cakram. Terdapat enam model permainan, yaitu: (1) permainan lempar cakram modifikasi satu, (2) permainan lempar cakram modifikasi dua, (3) permainan mengelindingkan cakram berpasangan, (4) permainan lempar cakram melewati antara dua tali, (5) lempar cakram modifikasi ke sasaran keranjang basket, dan (6) lempar cakram kesasaran angka melewati atas tali. Model pembelajaran tersebut dapat dilakukan secara perorangan, berpasangan, dan berkelompok yang terintegrasi dapat meningkatkan tujuan pendidikan dan efektif meningkatkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik SMP kelas VIII, yang dimuat dalam CD (compaq disc) dan buku panduan pelaksanaan permainanAbdullah Abdullah2015-07-01T01:20:37Z2019-01-29T20:43:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16004This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/160042015-07-01T01:20:37ZPENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER MAJALAH DINDING
DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN DEPOK SLEMANYOGYAKARTATujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi majalah dinding di SMP Negeri se Kecamatan Depok, Kabupaten
Sleman, Yogyakarta
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian “ex-post facto”.Populasi penelitian ini di 3 (tiga) SMP Negeri Se Kecamatan Depok, yaitu SMP Negeri 2 Depok, SMP Negeri 3 Depok, SMP Negeri 4 Depok.Subjek penelitian ini adalah siswa, guru pembimbing, dan kepala sekolah.Teknik pengumpulan data menggunakan angket semi terbuka.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan ekstrakurikuler majalah dinding di SMP Negeri se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta termasuk dalam kategori baik atau mencapai 71%, yang secara rinci ditunjukkan bahwa perencanaan di SMP N 2 Depok mencapai sangat baik (100%), perencanaan di SMP N 3 Depok baik (76,69%), namun untuk perencanaan di SMP N 4 Depok masih kurang baik (35%). (2) Pelaksanaan ekstrakurikuler majalah dinding di SMP Negeri se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta termasuk dalam kategori baik atau mencapai 63,4%, yang secara rinci ditunjukkan pelaksanaan di SMP N 2 Depok mencapai sangat baik (100%), pelaksanaan di SMP N 3 Depok baik (76,4%), namun untuk pelaksanaan di SMP N 4 Depok masih tidak baik (13,8%). (3) Evaluasi ekstrakurikuler majalah dinding di SMP Negeri se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang atau mencapai 56%, yang secara rinci ditunjukkan bahwa evaluasi di SMP N 2 Depok mencapai sangat baik (100%), evaluasi di SMP N 3 Depok baik (62%), namun untuk evaluasi di SMP N 4 Depok masih tidak baik (5,8%).
Kata kunci : pengelolaan ekstrakurikuler, majalah dinding, sekolah menengah pertamaAbdullah Abdullahapfip@uny.ac.id