Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:28:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-13T03:46:56Z2019-10-01T11:44:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36284This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/362842016-07-13T03:46:56ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
10 Agustus 2015 s.d. 12 September 2015Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wujud penerapan ilmu yang
telah dipelajari selama kuliah. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan
untuk mengaplikasikan beberapa imu yang telah didapat. PPL merupakan salah satu
wadah untuk memberikan bakat mahasiswa kepada peserta didik. Mahasiswa yang
mempunyai keahlian khusus dalam bidang tertentu dapat berbagi ilmu kepada peserta
didik guna menambah pengetahuan peserta didik pada khususnya dan dapat
memajukan kualitas sekolah pada umumnya.
Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada
mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan,
mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan
PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta
(UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah.
Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP N 1 Minggir, yang
dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015.
Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan
pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di
kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan,
namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari 6 kali
pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain ceramah,
penugasan, dan tanya jawab(kuis). Untuk mendukung kegiatan pembelajaran
digunakan beberapa media antara lain: gambar, video, slide powerpoint, beserta alat
yang digunakan dalam pembelajaran. Untuk melatih konsentrasi, siswa diajak melihat
video ilusi mata dan tebak gambar. Banyak kendala pada saat dilaksanakannya PPL,
diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena
terlalu ramai. Selain pembelajaran di kelas juga ada kegiatan penunjang di luar kelas
yaitu adanya seleksi TONTI, pendampingan PASKIBRA pada acara HUT
Kemerdekaan RI ke-70, dan pendampingan drumband. Dalam pelaksanaan kegiatan
PPL mahasiswa PPL menjadi tahu tentang kegiatan sekolah dan penunjang siswa di
luar jam KBM. Dengan adanya penunjang tersebut mahasiswa menjadi bisa
menambah pengalamannya yang berguna di masa depan.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan
gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan
kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat
tercipta tenaga pendidik yang professional. Serta dapat memajukan pendidikan di
Indonesia.Abdul Aziz Gumilang Abdul Aziz Gumilang