Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:25:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-29T02:13:56Z2019-01-30T10:43:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40725This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/407252016-08-29T02:13:56ZANALISIS PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) DI
SMP N 4 PRAMBANANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan Standar Nasional
Pendidikan (SNP)dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan SNP di SMP
N 4 Prambanan.
Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan
dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan karyawan. Penelitian ini
dilaksankan di SMP N 4 Prambanan. Teknik pengumpulan data penelitian
menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Uji keabsahan data
dengan triangulasi. Analisis data model Miles and Huberman dengan aktivitas
teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data..
Hasil penelitian pemenuhan SNP di SMP 4 Prambanan menunjukkan bahwa
1). SNP yang terpenuhi adalah standar isi, standar proses, standar kompetensi
lulusan, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar pengelolaan, standar
pembiayaan, standar penilaian; sedangkan yang belum terpenuhi adalah standar
sarana dan prasarana; 2). Faktor yang mempengaruhi pemenuhan SNP yaitu
tenaga pendidik dan kependidikan; pembiayaan; letak geografis; kesulitan belajar
siswa; serta orang tua dan masyarakatPurnomo Abdirachmat-