Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:41:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2020-07-08T09:20:15Z2020-07-08T09:20:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68514This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/685142020-07-08T09:20:15ZTINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS V DAN VI DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik siswa kelas V dan VI di SD Negeri Kraton.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar Negeri Kraton Yogyakarta yang berjumlah 34 peserta didik yang diambil menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes Motor Ability untuk Sekolah Dasar yang meliputi tes lari cepat 30 meter, tes shutlle-run 4 x 10 meter, tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, tes Stork Stand Positional Balance (Nurhasan, 2007: 135). Analisis data menggunakan deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik siswa kelas V dan VI di SD Negeri Kraton berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 8,82% (3 siswa), “kurang” sebesar 14,71% (5 siswa), “cukup” sebesar 52,94% (18 siswa), “baik” sebesar 17,65% (6 siswa), dan “sangat baik” sebesar 5,88% (2 siswa). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 200,00, kemampuan motorik siswa kelas V dan VI di SD Negeri Kraton dalam kategori “cukup”.Ulil Albab Abdillah