Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:08:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-29T02:45:16Z2019-01-30T10:43:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40697This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/406972016-08-29T02:45:16ZPENGARUH PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN
INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMAN 1 WUNGU
KABUPATEN MADIUNPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar
antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, 2) perbedaan hasil belajar
antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, 3) pengaruh penggunaan
media video animasi pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar fisika, 4)
pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran interaktif terhadap hasil
belajar fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wungu Kabupaten Madiun.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain
penelitian Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah
kelas X SMA Negeri 1 Wungu Kabupaten Madiun, dengan sampel kelas Xc
sebagai kelas eksperimen dan Xa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan
sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
angket, dan observasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil skor rata-rata angket motivasi
siswa kelompok kontrol yaitu 3,44 dan hasil skor rata-rata angket motivasi siswa
kelompok eksperimen yaitu 3,94 dari hasil maksimal 5,00. Hasil angket tersebut
didukung dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa, hasil observasi
indeks keberhasilan kelompok kontrol yaitu 57,1% dan hasil observasi indeks
keberhasilan kelompok eksperimen yaitu 63,4%. Artinya kelompok eksperimen
memiliki motivasi yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Untuk hasil
belajar siswa menunjukkan bahwa, pretest hasil belajar fisika kelompok kontrol
yaitu 56,82 dan kelas eksperimen yaitu 55,91. Posttest hasil belajar fisika kelas
kontrol yaitu 60, kelas eksperimen yaitu 66,82. Artinya kelompok eksperimen
mengalami peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok
kontrol. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh pemanfaatan video animasi
pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA
Negeri 1 Wungu Kabupaten Madiun.Henrye Aan Moelyana