Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:21:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-11T00:53:46Z2019-01-29T17:38:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8526This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85262012-12-11T00:53:46ZPENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN ILMU-ILMU SOSIAL DI SMA N 1 TEMPELPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan, penggunaan dan
kendala dalam penggunaan Buku sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber
belajar dalam proses pembelajaran ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk
menggambarkan kesiapan guru ilmu-ilmu sosial, penggunaan dan kendala dalam
penggunaan Buku sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber belajar dalam proses
pembelajaran ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel. Informan utama dalam
penelitian ini adalah guru mata pelajaran ilmu-ilmu sosial dan informan
pendukung adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah urusan kurikulum.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk
validitas data penulis juga menggunakan trianggulasi sumber. Data yang
terkumpul dianalisis secara deskriptif meliputi tahap reduksi, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan guru ilmu-ilmu
sosial di SMA N 1 Tempel dalam penggunaan BSE mata pelajaran ilmu-ilmu
sosial kurang baik hal ini dapat dilihat dari pemahaman guru yang masih kurang
terhadap BSE dan tingkat penguasaan IT yang belum baik 2) Penggunaan BSE
mata pelajaran ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel belum terlaksana dengan
baik, para guru dan siswa menggunakan LKS atau buku paket selain BSE dalam
proses pembelajaran 3) Kendala yang dialami dalam penggunaan BSE mata
pelajaran ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel adalah kesiapan sekolah yang
belum maksimal, sosialisasi dari pihak dinas setempat belum maksimal,
penguasaan IT bagi guru masih tergolong rendah, sarana prasarana sudah
memadai tetapi belum dimanfaatkan dengan maksimal, siswa tidak aktif.
Kata kunci: Buku Sekolah Elektronik (BSE), sumber belajar, ilmu-ilmu sosial, SMAFitriyyah A Anis