Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:34:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-28T05:24:48Z2019-10-01T11:44:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32132This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/321322016-04-28T05:24:48ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PLERET
Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul YogyakartaPraktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang bersifat aplikatif
dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam pelatihan untuk
menyiapkan mahasiswa agar menguasai kemampuan keguruan atau pendidikan
lainya, sehingga dapat mengemban tugas secara profesional. Praktik Pengalaman
Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pleret yang
dimulai dari penyerahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan pada tanggal 10 Agustus
2015 sampai 12 September 2015. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan melibatkan
21 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia, 2 mahasiswa
jurusan Pendidikan Biologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi, 2 mahasiswa
jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah, 2 mahasiswa
jurusan Pendidikan Akuntansi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa, 2
mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Tari, 1 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika dan 2 mahasiswa
jurusan Bimbingan dan Konseling.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi antara lain kegiatan
persiapan, kegiatan praktik mengajar dan kegiatan praktik persekolahan. Kegiatan
persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat proses
pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat
satuan program materi pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam
melaksanakan PBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik
mengajar dilaksanakan setiap hari Senin ( Jam ke-2 sampai jam ke-4) di kelas XE,
Selasa (Jam ke-5 samapai jam ke-7) di kelas XD, dan Rabu (Jam ke-3 samapai jam
ke-5) di kelas XF dengan mengajar mata pelajaran kimia dengan menyampaikan
materi Sistem Periodik Unsur sesuai dengan silabus mata pelajaran kimia.
Berdasarkan program PPL yang dirumuskan, selama kegiatan PPL, praktikan
dapat merealisasikan program-program tersebut.Hasil dari kegiatan PPL yaitu praktik
mengajar sebanyak 33 jam pelajaran di kelas X yaitu kelas XD, XE, dan XF.
Keberhasilan PPL yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang
didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing
lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PPL dapat dijadikan
sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang
profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan
pancasila.ANDRI YULIYANI ANDRI YULIYANI