Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:12:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-23T02:33:55Z2019-01-29T21:37:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17409This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/174092015-04-23T02:33:55ZEFEKTIVITAS INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA
PEMBELAJARAN REAKSI OKSIDASI-REDUKSI
UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) efektivitas Inquiry
Based Learning pada pembelajaran reaksi oksidasi-reduksi terhadap peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Kolombo Yogyakarta (b) efektivitas Inquiry Based Learning pada pembelajaran reaksi oksidasi-reduksi terhadap peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Kolombo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X semester 2 SMA Kolombo Yogyakarta yang berjumlah 68 peserta didik dan dibagi ke dalam 3 kelas. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive
cluster sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen menerapkan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh Wiwit Sepvianti. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova), uji-t sama subjek, dan uji- t beda subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Inquiry Based Learning pada pembelajaran reaksi oksidasi-reduksi tidak efektif terhadap peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Kolombo Yogyakarta, (b) Inquiry Based
Learning pada pembelajaran reaksi oksidasi-reduksi efektif terhadap peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Kolombo Yogyakarta.
Kata kunci: Inquiry Based Learning, Materi Oksidasi-ReduksiYUNI ANANINGSIH