Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:03:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2022-12-07T02:02:28Z2022-12-07T02:02:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75548This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/755482022-12-07T02:02:28ZPengembangan Hand Puppet Book berbasis Health Literacy untuk Meningkatkan Decision Making Skill dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media hand puppet book berbasis health
literacy yang layak untuk meningkatkan decision making skill dan karakter tanggung jawab siswa
kelas V SD di Kecamatan Semarang Tengah. (2) menguji keefektifan hand puppet book berbasis
health literacy untuk meningkatkan decision making skill dan karakter tanggung jawab siswa
kelas V SD di Kecamatan Semarang Tengah.
Penelitian pengembangan ini dilakukan mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan
oleh Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3)
pengembangan draf produk, 4) uji coba awal, 5) revisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7)
revisi produk, 8) uji coba operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) diseminasi dan
implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Semarang
Tengah. Pengumpulan data pada studi awal dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket.
Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa.
Keefektifan media hand puppet book berbasis health literacy dalam meningkatkan keterampilan
pengambilan keputusan dan karakter tanggung jawab siswa dianalisis dengan skor N-Gain,
normalitas, homogenitas, independent sample t-test, normalitas multivariat, homogenitas varian
kovarian, dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah media hand puppet book berbasis health literacy
memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta
memenuhi kriteria sangat layak. Selain itu hand puppet book berbasis health literacy dinyatakan
efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan karakter tanggung jawab
siswa kelas V SD. Hasil skor N-Gain keterampilan pengambilan keputusan dan karakter tanggung
jawab di kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dari pada kelas kontrol.
Berdasarkan hasil uji-t dan Uji MANOVA pada signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media hand
puppet book berbasis health literacy dapat meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan
dan karakter tanggung jawab siswa kelas V secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000
(p≤0,05).DEA RESTI AMELIANDARI