Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:28:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-09T02:17:44Z2019-10-01T11:54:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43475This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/434752016-11-09T02:17:44ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMP NEGERI 1 KLATENPraktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini PPL digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri1 Klaten.
PPL ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik.Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas. Kegiatan observasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya administratif dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administratif berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan PPL ini terdiri dari dua yaitu praktik mengajar dan membuat administrasinya.
Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Klaten, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VIII A, VIII D, VIII F,VIII H. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Klaten relatif berjalan dengan baik dan lancar meskipun terdapat beberapa kendala yang cukup menjadi pembelajaran. Namun, secara umum program PPL ini telah menambah pengalaman yang berharga bagi kemampuan mengajar dan kemampuan manajerial di sekolah yang nantinya menjadi bekal menuju lapangan kerja yang sesungguhnya, yaitu sebagai guru yang profesional serta memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial yang tinggi baik sebagai tenaga pengajar sekaligus pendidik sehingga dapat membantu siswa sepenuhnya dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia secara umum.AMBAR NOVEANINGSIH AMBAR NOVEANINGSIH