Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:03:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-08T00:48:46Z2019-10-01T11:32:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49535This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/495352017-06-08T00:48:46ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Lembaga Pendidikan dan Tenaga
Kependidikan (LPTK) memiliki kebijakan untuk menyelenggarakan mata kuliah wajib
tempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Magang III bagi mahasiswa prodi
kependidikan yang telah lulus mata kuliah Micro Teaching atau Magang II di semester enam.
Kegiatan ini ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan dalam
memantapkan dan mengembangkan hardskill dan softskill sebagai calon pendidik maupun
tenaga kependidikan. Pelaksanaan PPL ini selama dua bulan terhitung sejak tanggal 15 Juli
2016 sampai dengan 15 September 2016. Mahasiswa diwajibkan untuk memenuhi 256 jam
praktik atau setara dengan beban 6 SKS. Mahasiswa juga melakukan kegiatan Pra PPL
berupa observasi dan orientasi lingkungan PPL, pembelajaran mikro, dan pembekalan PPL
oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNY.
Di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta, mahasiswa
pengampu mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) memiliki durasi 10 Jam
Pelajaran atau setara dengan 450 menit. Untuk itu pada kegiatan Pra PPL, dilakukan
observasi lingkungan sekolah dan observasi kegiatan pembelajaran di kelas XI GB 3 pada
mata pelajaran tersebut. Setelah penetapan guru pembimbing, dilakukan tahap persiapan
mengajar berupa telaah silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
penyusunan materi ajar, pembuatan media pembelajaran, dan pembuatan administrasi
pendidik. Pelaksanaan praktik pembelajaran dilaksanakan setiap hari Senin pukul 6.45 hingga
15.15 di kelas XI GB 1 dengan berpedoman pada RPP yang telah disusun. Mengacu pada
Kurikulum 2013 untuk SMK dan metode Project Based Learning, kegiatan pembelajaran
mata pelajaran GKB diterapkan dalam bentuk tugas besar gambar konstruksi bangunan
rumah tinggal sederhana. Sehingga dalam pelaksanaannya, alokasi waktu lebih banyak
digunakan untuk tutorial individu dan konsultasi tugas. Meski demikian, untuk memotivasi
dan memberikan pemahaman dasar pada siswa, dilakukan kegiatan awal berupa presentasi
materi, diskusi kelas, tugas observasi, dan pembuatan makalah/kliping. Ice breaking
terkadang juga perlu dilakukan untuk pengkondisian kelas dan sebagai selingan agar siswa
tidak bosan. Ice breaking yang dilakukan dapat berupa aktivitas sederhana brainstorming,
mind mapping, ataupun pemutaran video terkait materi pelajaran.
Selain mata pelajaran GKB, mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengampu
mata pelajaran lain yang diampu oleh guru pembimbingnya, seperti Mekanika Teknik di
kelas X GB 1. Hal ini dilakukan agar target minimal 6 kali pertemuan di kelas dapat
terpenuhi. Meski demikian, PPL tidaklah sekedar praktik pembelajaran di kelas. Untuk itu,
mahasiswa PPL juga diberi kesempatan untuk terlibat di beberapa kegiatan sekolah seperti
Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (PLS BSB), Upacara Peringatan Hari
Kemerdekaan RI, piket guru, piket perpustakaan, dan sebagainya.
Kejujuran, kedisiplinan, integritas, dedikasi, sopan santun, kesabaran, inovasi,
kreativitas, merupakan hal-hal yang patut diasah dan ditanamkan selain pengetahuan dan
keterampilan teknis sebagai seorang pendidik. Dengan terlaksananya kegiatan PPL ini
mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman, mengambil hikmah, dan
merefleksikan pembelajaran hidup dalam dunia pendidikan yang real dan mungkin tidak
didapat di ruang perkuliahan.ALIFAH ELFMI FAJRINA ALIFAH ELFMI FAJRINA