Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:31:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2022-12-06T01:16:39Z2022-12-06T01:16:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75480This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/754802022-12-06T01:16:39ZPENGEMBANGAN MEDIA REFLECTIVE PICTURE STORYBOOK
BERBASIS SOSIOKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN SOSIAL DAN KARAKTER CINTA
TANAH AIR SISWA KELAS IV SDPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media reflective picture
storybook berbasis sosiokultural yang memenuhi kriteria kelayakan, dan (2)
mengetahui keefektifan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural
yang dihasilkan tersebut untuk meningkatkan karakter cinta tanah air dan
keterampilan sosial siswa.
Penelitian ini merupakan research and development yang mengacu pada
pendapat Borg & Gall (2003). Subjek uji coba merupakan siswa kelas IV SD.
Subjek uji coba lapangan awal melibatkan sebanyak 9 siswa, subjek uji coba
lapangan diperluas melibatkan 15 siswa,dan subjek uji coba lapangan operasional
melibatkan 80 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok
eksperimen terdiri dari 40 siswa dan kelompok kontrol yang terdiri dari 40 siswa.
Data diperoleh melalui wawancara, angket dan studi dokumenter. Kelayakan
media reflective picture storybook berbasis sosiokultural dianalisis menggunakan
konversi skor yang terdiri dari lima kategori. Keefektifan media reflective picture
storybook berbasis sosiokultural dalam meningkatkan karakter cinta tanah air dan
keterampilan sosial dianalisis melalui uji t dan uji MANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media reflective picture
storybook berbasis sosiokultural yang dihasilkan telah memenuhi kriteria
kelayakan menurut ahli materi, ahli media, respons guru dan respons siswa; (2)
media reflective picture storybook berbasis sosiokultural terbukti efektif untuk
meningkatkan karakter cinta tanah air dan keterampilan sosial siswa siswa kelas
IV SD. Hasil uji t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa media reflective
picture storybook berbasis sosiokultural efektif untuk meningkatkan karakter
cinta tanah air dan keterampilan sosial siswa kelasIV SD secara signifikan dengan
nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05).AMIN PRASETYO AJI