Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:24:21ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-11T02:36:05Z2019-01-29T17:40:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8567This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85672012-12-11T02:36:05ZANTESEDEN DAN KONSEKUENSI CITRA MEREK PADA IKLAN
HONDA SCOOPYPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh selebriti
endorser terhadap citra merek Honda Scoopy. (2) Pengaruh citra merek terhadap
niat beli Honda Scoopy. (3) Pengaruh selebriti endorser terhadap niat beli Honda
Scoopy.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen
UNY Yogyakarta angkatan 2008 sampai dengan angkatan 2011 yang tercatat
aktif. Penelitian ini mengambil data dengan jumlah sampel 176 orang. Sampel
penelitian ini ditentukan dengan teknik daftar populasi sebanyak 176 orang. Data
diperoleh dengan metode kuesioner. Validitas butir instrumen dihitung dengan
CFA. Reliabilitas dihitung dengan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis
data dengan analisis regresi.
Hasil analisis deskriptif dengan menggunakan mean ideal dan standar
deviasi ideal serta uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan
bahwa: selebriti endorser dalam kategori rendah, citra merek dalam kategori
sedang, niat beli dalam kategori sedang. Selebriti endorser memiliki pengaruh
positif terhadap citra merek Honda Scoopy, hal ini dibuktikan dengan R positif.
Besarnya angka adjustad R square adalah 0,105, maka adjustad R Square
mempunyai pengaruh 10,5%, sedangkan sisanya sebesar 89,5% (100% - 10,5%)
dipengaruhi oleh faktor lain. Citra merek memiliki pengaruh positif terhadap niat
beli Honda Scoopy hal ini dibuktikan dengan R positif maka dapat dinyatakan
bahwa citra merek memiliki pengaruh positif terhadap niat beli Honda Scoopy.
Besarnya angka adjustad R square adalah 0,079, maka adjustad R Square
mempunyai pengaruh 7,9%, sedangkan sisanya sebesar 92,1% (100% - 7,9%)
dipengaruhi oleh faktor lain. Selebriti endorser memiliki pengaruh positif
terhadap niat beli Honda Scoopy, hal ini dibuktikan hal ini dibuktikan dengan R
positif. Besarnya angka adjustad R square adalah 0,073, maka adjustad R Square
mempunyai pengaruh 7,3%, sedangkan sisanya sebesar 92,7% (100% - 7,3%)
dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Selebriti Endorser, Citra Merek, Niat BeliSATITI AJENG