Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:20:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-05T04:21:22Z2019-10-01T11:32:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49452This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/494522017-06-05T04:21:22ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata
kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam
menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di
Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah
wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.
Praktek mengajar terbimbing adalah praktek mengajar dimana praktikan masih
mendapatkan arahan pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program
satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi waktu dan
pendampingan pada saat mengajar di dalam kelas. Dalam praktek terbimbing ini
semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata pelajarannya masing-masing.
Sesuai tugas yang diberikan ke praktikan PPL di SMK Muhammadiyah 1
Yogyakarta dilaksanakan mulai 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016
untuk mengajar kelas X mata pelajaran desain grafis dan mempersiapkan antara lain :
Penyusunan (RPP), Praktik mengajar terbimbing dan mandiri, menyusun alat
evaluasi, penerapan inovasi pembelajaran, mempelajari dan melaksanakan
administrasi guru, serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Evaluasi dilakukan
untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajarkan
sebelumnya.
Hasil evaluasi yang praktikan lakukan tidak selalu berjalan dengan lancar. Banyak
kendala yang harus dihadapi seperti siswa malas memperhatikan pelajaran di kelas
dan minat belajar masih kurang sehingga ketika pengambilan penilaian masih banyak
sekali yang tidak memenuhi KKM, sehingga dari pihak praktikan harus bekerja keras
agar kondisi siswa mampu menerima materi yang akan disampaikan, Setelah masa
PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya untuk
mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara
belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing yang
bersangkutan. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak
Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan
komunikasi dan kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, supaya
kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik.AISYAH AISYAH