Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:42:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-21T02:38:21Z2019-10-01T11:44:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31544This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/315442016-04-21T02:38:21ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
LOKASI SD NEGERI NGOTO
Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul
YogyakartaPelaksanaan dan penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses
pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di SD, yang kemudian dapat
dipakai sebagai bekal untuk pengetahuan, keterampilan yang diperlukan dalam
profesinya. Pengalaman tersebut juga dipakai dalam pengaplikasian ilmu yang
telah didapat selama berada di bangku perkuliahan.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 10
Agustus 2015 sampai tanggal 12 september 2015. SD Negeri Ngoto yang
beralamat di dusun Semail Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta, dipilih oleh
pihak LPPMP sebagai tempat praktik. Dalam kegiatan PPL memberikan
kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, keterampilan
yang didapat dari bangku kuliah, serta memberi pengalaman mengajar langsung
kepada mahasiswa agar siap ketika menjadi guru kelak. Pada pada dasarnya PPL
yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, praktik
terbimbing, dan juga mengikuti berbagai kegiatan persekolahan.
Praktik lapangan secara umum terdiri dari kegiatan mengajar dan kegiatan
non-mengajar. Program kegiatan mengajar dibagi menjadi dua tahap dimana tahap
yang pertama adalah praktik terbimbing dilaksanakan sebanyak minimal 4 kali
yang terbagi menjadi kelas rendah dan kelas tinggi, dan yang terakhir adalah ujian
yang dilaksanakan sebanyak dua kali sebagai evaluasi keseluruhan dari
pelaksanaan praktik lapangan. Sedangkan untuk program non-mengajar yaitu
semua aktivitas yang berhubungan dengan administrasi guru yang mendukung
dalam pembelajaran. Program unggulan dalam PPL kali ini adalah program
literasi yang bertujuan untuk mengembangkan budaya menulis para siswa.
Kendala yang sering dihadapi dalam kegiatan praktik adalah
mengkondisikan siswa dan mengetahui capaian belajar siswa pada awal pertama
yang kemudian diselesaikan dengan cara banyak berkomuniasi dengan para wali
kelas untuk mengetahui capaian siswa. Kendala yang lain adalah membuat suatu
pembelajaran menjadi kongkret bagi siswa namun tidak membosankan sekaligus
menyenangkan.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini diharapkan agar mahasiswa
mampu menghayati, mempraktikan, dan mengembangkan kompetensi yang
diperlukan bagi calon guru kelas, serta mahasiswa memiliki kesadaran akan
tanggung jawab sebgai pengajar dan pendidik.AHMAD MULTAZAM AHMAD MULTAZAM